Jumat, 16 Mei 2014

Romantika Cinta Beda Bangsa

Judul               : Entangled
Penulis             : Michelle Tanera
Penyunting      : Vivekananda Gitandjali
Penerbit           : Bentang Belia, Yogyakarta
Cetakan           : I, Maret 2013
Tebal               : vii + 252 halaman
ISBN               : 978-602-9397-91-8
Harga              : Rp 42.500,00
Peresensi         : Hibatun Wafiroh

Hal yang paling diinginkan oleh Chloe Rebecca Dahl, yaitu modelling dan Taura. Suatu waktu model asal Belgia yang kariernya cemerlang itu berkunjung ke Indonesia. Dia menolak menandatangani kontrak pemotretan dengan Pierre demi berjumpa Taura.

Chloe memendam cinta kepada Taura sejak masih belia. Selama sebelas tahun cinta monyet itu tak tergerus waktu. Meski terbentang jarak ribuan kilometer, Chloe tak berpaling dari Taura. Chloe berharap kelak mereka bersatu dalam biduk rumah tangga.

Adapun Taura tidak berani mengekspresikan perasaannya kepada Chloe. Taura menghadapi persoalan keluarga yang pelik. Orang tua Taura berasal dari dua keluarga kaya yang berkonflik—Tanoto dan Dewantara. Reno Tanoto, ayah Taura, dihapus dari daftar pemegang saham perusahaan keluarga. Beruntung Reno masih dapat menghidupi anak dan istrinya dengan merintis Mids Corporation (hal. 11-14).

Problem keluarga membuat Taura kehilangan rasa percaya diri. Selain itu, Taura merasa belum pantas untuk Chloe. Chloe model tenar yang digandrungi banyak orang, sementara Taura hanya siswa yang akan meninggalkan bangku SMA.

Setiba di Jakarta Chloe disambut hangat oleh keluarga Dewantara yang memang memiliki kedekatan dengan keluarga Dahl. Di saat yang berbarengan Andres Ichijou, penyanyi terkenal yang mengawali debutnya di Jepang, berada di Indonesia. Andres mengenal baik Chloe dan Taura.

Karena lama tidak berjumpa, Chloe tidak mengetahui detail tentang Taura, seperti alergi kepiting. Tapi hal sepele itu menjadi beban pikirannya sebab justru Anya yang tahu. Gelagat aneh Anya, yang diam-diam menaruh simpati pada Taura, tercium Chloe. Chloe pun cemburu dan khawatir kalau Anya berhasil menaklukkan Taura (hal. 41-45).

Menjelang hari Natal, Chloe, Taura dan beberapa sepupunya pergi ke Singapura. Sebagai kado Natal, Taura berencana memberi Chloe sepatu biru Christian Louboutin yang sangat ditaksir Chloe. Beberapa saat sebelum Taura menyerahkan kado, Andres mendahului. Andres juga menyiapkan sepatu super mahal itu, hanya warnanya merah.

Sepatu Christian Louboutin tidak Taura berikan kepada Chloe, melainkan Vela, adik sepupunya. Ukuran sepatu kekecilan—padahal Taura hafal ukuran sepatu Vela—sehingga Vela protes dan mengira sepatu itu bukan untuknya. Lantas Taura berterus terang bahwa heels itu untuk Chloe. Chloe menerima dengan gembira sekali.

Niat awal Chloe ke Indonesia untuk berlibur terpaksa diselingi pekerjaan. Andres minta Chloe menjadi model video klipnya. Bali dipilih sebagai tempat shooting. Betapa Chloe terkejut melihat Anya juga ikut terlibat dalam pembuatan video tersebut.

Akting Anya buruk. Berkali-kali ia ditegur. Lalu terkuak fakta bahwa Anya lulus audisi model berkat Jovan, sepupu Anya. Jovan, fotografer berbakat, memengaruhi juri agar memenangkan Anya. Anya tidak tahu perihal kecurangan sampai ia tidak sengaja mendengar percakapan sutradara dan manajer Andres mengenai dirinya. Anya terpukul (hal. 134-138).

Di sisi lain Jovan menceritakan “jalan pintas” ini kepada Taura. Taura kemudian menyampaikan kepada Chloe dan meminta Chloe untuk membimbing Anya.

Pada satu hari Chloe berbunga-bunga diajak Taura ke toko boneka. Ketika menuju kasir, Taura bertemu Anya. Anya memfitnah bahwa di Bali Chloe-lah yang mengatakan Jovan menyabotase hasil audisi. Sontak Taura memarahi dan meneriaki Chloe.

Dengan kesedihan yang mendalam, Chloe berlari meninggalkan Taura menuju apartemen Andres. Merasa menemukan sandaran, refleks Chloe memeluk Andres. Tak disangka, Taura menyaksikan adegan itu. Suasana makin kacau.

Akhirnya Taura tahu kebohongan Anya. Seraya membawa sebuket mawar, Taura mohon Chloe memaafkannya. Taura juga mengajak gadis itu ke restoran yang sengaja didesain romantis. Chloe sangat terharu dan merasa itulah hari terindah dalam hidupnya.

Cerita berangsur menuju ending. Sebelum pulang ke Belgia, Chloe ke Amerika untuk sebuah pemotretan yang prestisius. Modelling adalah impian terbesar Chloe, maka Taura rela melepasnya pergi. Taura memasrahkan urusan hatinya kepada Tuhan. Delapan tahun kemudian, saat Taura sudah lulus dari Ecole Hoteliere Lausanne Swiss dan menjadi CEO Hotel Lannou Indonesia, dia akan menikahi Chloe.

Dalam novel ini setidaknya ada dua pelajaran yang dapat dipetik. Pertama, cinta selayaknya tidak memalingkan seseorang dari cita-citanya. Kedua, kepasrahan kepada Tuhan menjadi hal penting saat sedang jatuh cinta agar tidak terpuruk jika cinta itu tidak sesuai harapan. Sayangnya, penggunaan bahasa asing yang tidak disertai terjemahannya cukup mengganggu pembaca. Terlepas dari kekurangan itu, Entangled layak dibaca. 


Tidak ada komentar: